Pengertian Lingkungan Hidup

   Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik. Lawan dari lingkungan hidup adalah lingkungan buatan, yang mencangkup wilayah dan komponen-komponennya yang banyak dipengaruhi oleh manusia.

Lingkungan hidup

Pengertian lingkungan hidup secara umum

   Definisi lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia serta mempengaruhi kehidupan manusia baik secara langsung maupun tidak langsung. Lingkungan dibedakan menjadi dua; lingkungan biotik dan lingkungan abiotik. Lingkungan biotik adalah lingkungan yang hidup, misalnya tanah, pepohonan, dan para tetangga. Sementara lingkungan abiotik mencangkup benda-benda tidak hidup seperti rumah, gedung, dan tiang listrik.
   Pengertian lingkungan hidup adalah sebuah kesatuan ruang dengan segala benda dan makhluk hidup di dalamnya termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi keberlangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia dan makhluk hidup yang lainnya. Lingkungan hidup mencangkup ekosistem, perilaku sosial, budaya, dan juga udara yang ada.

Pengertian lingkungan hidup menurut para ahli

a. Emil Salim

Menurut Emil Salim, lingkungan hidup diartikan sebagai benda, kondisi, keadaan, dan pengaruh yang terdapat dalam ruang yang kita tempati dan mempengaruhi hal yang hidup termasukkehidupan manusia. Definisi lingkungan hidup menurut emil salim dapat dikatakan cukup luas. Apabila batasan tersebut disederhanakan, ruang lingkungan hidup dibatasi oleh faktor-faktor yang dapat dijangkau manusia, misalnya faktor alam, politik, ekonomi, dan sosial.

b. Soedjono

Soedjono mengartikan lingkungan hidup sebagai lingkungan fisik atau jasmani yang terdapat di alam. Pengertian ini menjelaskan bahwa manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan dilihat dan dianggap sebagai perwujudan fisik jasmani. Menurut definisi soedjono, lingkungan hidup mencangkup lingkungan hidup manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan yang ada di dalamnya.

c. Munadjat Danusaputro

Lingkungan hidup adalah semua benda dan daya serta kondisi termasuk di dalamnya manusia dan tingkah perbuatannya yang terdapat dalam ruang di mana manusia berada dan mempengaruhi kelangsungan hidup yang lain. Dengan demikian lingkungan hidup mencangkup dua lingkungan, yaitu lingkungan fisik dan lingkungan budaya.

d. Otto Soemarwoto

Otto Soemarwoto berpendapat bahwa lingkungan hidup merupakan semua benda dan kondisi yang ada dalam ruang yang kita tempati dam pempengaruhi kehidupan kita. Menurut batasan tersebut secara teoritis ruang yang dimaksud tidak terbatas jumlahnya. Adapun secara praktis ruang yang dimaksud selalu dibatasi menurut kebutuhan yang dapat ditentukan.

e. Sambas Wirakusumah 

Lingkungan merupakan semua aspek kondisi eksternal biologis, dimana organisme hidup dan ilmu-ilmu lingkungan menjadi studi aspek lingkungan organisme itu.

   Definisi mengenai lingkungan hidup tidak hanya datang dari para ahli, tetapi definisi tersebut dituangkan pula dalam undang-undang, yaitu undang-undang nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengeloalaan lingkungan hidup. Di dalam undang-undang ini, lingkungan hidup diartikan sebagai kesatuan, dan makhluk hidup termasuk di dalamnya manusia serta makhluk hidup lainnya.
   Menurut undang-undang nomor 32 tahun 2009 tersirat bahwa lingkungan hiduplah yang mempengaruhi makhluk hidup, termasuk di dalamnya manusia. Manusia hendaknya menyadari kalau alamlah yang memberi kehidupan dan penghidupan, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Contoh Macam-macam Lingkungan Hidup Di Bumi

Lingkungan hidup terbagi menjadi dua macam, yaitu lingkungan alam dan buatan. Di dalam dua macam lingkungan tersebut terdapat banyak ekosistem dan berbagai macam kehidupan.

1. Contoh lingkungan hidup alami

Gambar lingkungan hidup alami
Lingkungan hidup alami adalah lingkungan yang terbentuk dari proses alam. Terdiri dari berbagai sumber dari alam juga ekosistem beserta komponen-komponen didalamnya, baik berupa fisik dan biologis. Lingkungan hidup alami ini terbentuk secara dinamis karena memiliki tingkat keberagaman atau heterogenitas makhluk hidup dan organism yang sangat tinggi.
Lingkungan hidup alami terdiri dari dua jenis ekosistem dalam pembentukannya. Yaitu lingkungan darat dan lingkungan laut. Contoh-contoh lingkungan hidup dari alam diantaranya adalah.
Contoh lingkungan hidup dari darat : Bukit, gunug, lembah, padang rumput, dan hutan.
Contoh lingkungan hidup dari laut : Laut, sungai, pantai, danau, dan rawa.
   Di setiap bentuk lingkungan tersebut di atas mempunyai ciri-ciri yang menjadi khas tersendiri bagi setiap kehidupannya. Baik itu makhluk hidup atau benda mati yang menjadi penyusunnya.

2. Contoh lingkungan hidup buatan atau binaan

Gambar salah satu contoh lingkungan hidup buatan
Lingkungan hidup buatan adalah sebuah lingkungan yang terbentuk diakibatkan campur tangan manusia. Lingkungan ini sengaja di buat oleh manusia dengan dukungan teknologi yang mereka miliki, baik itu teknologi yang sederhana ataupun modern untuk membentuk lingkungan baru untuk ditempati.
Ciri-ciri dari lingkungan hidup buatan salah satunya adalah bentuknya yang hanya satu jenis saja alias kurang punya keanekaragaman. Dan kebanyakan dibuat untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Contoh dari lingkungan hidup buatan adalah; Perkampungan, jalan, pasar, sekolah, taman, kolam, sawah, kebun, waduk, dan kawasan industri. Lingkungan tersebut terbentuk dari setiap aktvitas manusia. Sehingga terciptalah suatu ekosistem makhluk hidup buatan.

Demikian penjelasan materi "Pengertian Lingkungan Hidup", semoga bermanfaat.

Related Posts:

0 Response to "Pengertian Lingkungan Hidup"

Post a Comment