Tips Cara Modifikasi Mobil Bagi Pemula

Memiliki mobil yang sesuai dengan "jiwa" merupakan kepuasan tersendiri. Untuk itulah, penggemar mobil modifikasi kian kari kian banyak saja. Bagaimanakah cara memodifikasi mobil agar pas sesuai dengan selera? Bahkan sekilas orang melihat bisa langsung "mengenali" siapa kita.

Berikut beberapa tips untuk memodifikasi mobil bagi pemula:

1. Menentukan Tema Modifikasi

Mempunyai gambaran tentang seperti apa tema modifikasi mobil harus pertama kali ditentukan. Hal ini agar kita memiliki arah yang jelas mengenai modifikasi mobil kita, sehingga tidak perlu bingung dan canggung untuk menerapkan modifikasinya. Dalam hal modifikasi mobil, telah banyak di kenal berbagai macam aliran modifikasi yang anda suka?, saatnya anda untuk menentukannya. Berikut ada beberapa aliran modifikasi mobil yang umum dianut di indonesia:

a. Aliran mobil JDM

Pada dasarnya JDM (Japan Domestic Market) adalah memiliki arti dimana perangkat asli buatan jepang yang hanya di jual di jepang. Namun dalam perkembangannya, istilah JDM ini juga dijadikan sebagai sebuah aliran mobil modifikasi. Aliran modifikasi JDM sendiri masih dibagi ke dalam beberapa aliran lagi, seperti pure JDM, JDM OEM dan JDM style.
Pure JDM : Aliran modifikasi ini hanya mengaplikasikan semua produk buatan jepang original.
JDM OEM : OEM sendiri maksudnya adalah Original Equipmen Manufacturer, yang artinya part asli dari pabrikan mobil maupun part hasil kerja sama dengan pabrikan, namun untuk pasar lokal jepang. Contohnya, velg buatan enkei dll. Jadi aliran ini hanya mengadopsi part asli yang yang hanya dikeluarkan di jepang. Banyak yang berpendapat jika aliran OEM JDM adalah JDM yang sesungguhnya.
JDM Style : Aliran ini memodifikasi mobil ala aliran JDM pure, hanya saja mereka mengaplikasikan part bukan original alias replika. Pada umumnya aliran ini diaplikasikan pada mobil yang tidak dirilis di jepang ataupun bukan mobil buatan jepang.

b. Aliran Retro

Aliran ini biasanya dianut oleh para penggemar mobil lawas. Cara mereka memodifikasikannya adalah dengan mengembalikan kondisi mobil menjadi seperti pada saat mobil tersebut keluar dari pabrik. Dalam urusan part, yang diutamakan adalah orisinalitas komponen yang akan diaplikasikan. Ciri lainnya adalah penggunaan warna cat yang solid dan terang, dan interior hanya menggunakan bahan standar pabrikan mobil.

c. Aliran VIP

Aliran VIP adalah aliran modifikasi mobil yang simpel, yang bercirikan modifikasi interior yang dibuat rapi dan elegan. Ciri lain biasanya menggunakan ukuran velg yang besar di atas 19 inch, dan sound berkualitas tinggi SQ adalah wajib bagi penganut modifikasi aliran VIP.

d. Aliran D.U.B

Untuk aliran yang satu ini dengan prestis dan kemewahan. Pengaplikasian part pada aliran ini berciri khas warna cat yang terang, penggunaan velg yang besar antara 20-26 inch. Kadang juga ditemui pengaplikasian airbrush, namun simpel dan ciamik. Untuk urusan interior, biasanya dilapisi dengan kulit asli dan kancing-kancing mirip seperti sofa.

 2. Tentukan Tema

Tema menurutnya menjadi dasar sebelum seseorang memulai modifikasi terhadap kendaraannya. Gunanya pun sebagai penentu arah agar jelas. "Harus tentukan dulu temanya misalnya dia mau pilih elegan, JDM, atau Ekstrim".

3. Menentukan Bengkel Modifikasi Yang Sesuai Untuk Mobil Anda

Setelah anda menentukan aliran modifikasi yang cocok bagi anda, sekarang saatnya untuk menentukan bengkel modifikasi yang sesuai. Kenapa harus sesuai? Karena setiap bengkel modifikasi biasanya memiliki spesialisasi aliran modifikasi sendiri-sendiri. Jadi serahkan kepada yang benar-benar ahli dibidangnya, agar hasil modifikasi mobil anda sesuai dan cocok dengan yang anda harapkan..

Demikianlah pembahasan mengenai "Tips Cara Modifikasi Mobil Bagi Pemula", semoga bermanfaat.

Related Posts:

0 Response to "Tips Cara Modifikasi Mobil Bagi Pemula"

Post a Comment