Tips Cara Agar Sepeda Motor Irit Bensin

Sepeda motor merupakan alat transportasi yang paling banyak digunakan oleh kalangan masyarakat umum. Selain simple, sepeda motor tentu lebih murah harganya. Hingga populasi sepeda motor kian pesat saja dari waktu kewaktu. Dengan demikian kebutuhan BBM pun semakin meningkat, dan ini tentu akan memicu kenaikan harga. Untuk itu, banyak orang yang sudah pintar berfikir, bagaimana cara motor yang diperlukan sehari hari kita bisa irit sehingga menjadi lebih ekonomis.

Tips Agar Sepeda Motor Lebih Irit Bahan Bakar

Sepeda motor yang boros bahan bakar akan selalu membuat pemiliknya repot, dimana harus seringkali mampir ke SPBU, dan tentu saja juga akan merepotkan pengeluaran. Lalu, bagaimana caranya agar sepeda motor kita bisa lebih efisien dalam pemakaian bahan bakar?. Berikut adalah tipsnya:

1. Tekanan ban

Meski terdengar sepele, namun hal ini memiliki manfaat besar dalam menghemat konsumsi BBM. Jika tekanan angin kurang, BBM dapat lebih boros sekitarv 10-15 persen.

2. Periksa kondisi roda/velg

Roda sepeda motor yang baik adalah memiliki alur putaran yang lurus. Jika tidak lurus tentu akan membebani mesin, selain motor menjadi tak nyaman untuk digunakan. Penyebab putaran roda motor yang tidak presisi adalah pelek tidak center, bearing roda aus, kurang pelumas dan sebagainya. Rajinlah memeriksa komponen roda secara keseluruhan. Center velg jika diketahui velg sudah tidak center.

3. Atur jarak main rem

Jarak rem juga wajib diatur agar sampai 'menempel', yang tentunya akan membuat lari motor menjadi berat dan membuat boros bahan bakar. Jarak main tuas rem baik depan maupun belakang sebaiknya berada minimal sepertiga dari jarak main tuas secara keseluruhan.

4. Setel klep dengan baik

Klep yang longgar atau juga rapat akan bisa mengganggu anda dalam perjalanan anda ketika menggunakan motor anda sendiri, tidak hanya itu kebanyakan orang akan menarik tali gasnya dengan kencang, agar mendapatkan kecepatan yang diinginkan. hal tersebut sangat merugikan motor anda sendiri karena bahan bakar motor anda akan cepat habis, apalagi motor matic yang sangat boros jika anda terlalu banyak memainkan tali gas. Kerenggangan komponen ini harus disetel tepat sesuai spesifikasi motor masing-masing, agar motor anda pun bisa awet dan bertenaga walaupun di gunakan cukup lama.

5. Ganti pelumas sesuai dengan KM pemakaian

Oli mesin juga perlu mendapat perhatian, pengguna oli yang tidak sesuai juga bisa memberatkan kerja mesin sehingga lebih boros bahan bakar. Ganti oli secara teratur sesuai dengan kilo meter jarak tempuhnya. Oli yang selalu terjaga akan membuat mesin tetap berperforma baik, sehingga lebih irit. Ganti oli tidak melebihi batas servis yang dianjurkan, biasanya tiap 2.000-2.50Km. Oli yang tida tepat akan membuat mesin cepat panas, dan kemudian akan mempercepat keausan komponen.

6. Cek busi

Busi merupakan salah satu piranti penting terkait performa boros atau tidaknya bahan bakar. Usia kerja busi hanya efektif hingga jarak tempuh 6.000-7.000Km. Lebih dari itu, jika performa busi mulai menurun, hasil pembakaran di ruang pembakaran juga "ngedrop". Alhasil pemakaian BBM menjadi boros, sebab campuran gas jadi tak terbakar dengan sempurna, tenaga mesinpun dipastikan menjadi loyo. Jika usia busi masih efektif, rajin-rajinlah dibersihkan saat servis rutin, sebab bila eletroda busi sampai diselimuti kerak, bisa menurunkan kualitas percikan busi. Selain itu, atur pula kerenggangan elektroda busi sesuai spesifikasi yang dianjurkan.

7. Setel Kopling dengan baik

Untuk anda yang mempunyai motor besar, pastinya sering menggunakan kopling, kopling keras sering sekali mengganggu kita dalam perjalanan, terkait dengan borosnya bahan bakar, kopling juga harus disetel agar bisa nyaman digunakan oleh anda, dan tidak boros bensin. Pastikan stelannya jangan sampai terlalu efektif. Maksudnya, saat tuas kopling ditekan, gigitan kampas kopling jadi cepat ngelos. Ini akan membuat kopling mudah selip saat gas dipelintir, otomatis lari motor pun jadi tertahan, tapi putaran mesin meninggi. Cek juga kampas dari kopling agar jika habis anda bisa menggantinya ke bengkel terdekat.

8. Filter udara

Setiap motor pasti mempunyai filter udara untuk menjaga suhu mesin dan juga mengalirkan angin di dalam motor. Untuk motor matic filter udara sangat rentan dan akan cepat kotor di bandingkan dengan motor yang biasa. Oleh karenanya anda harus menggantinya ketika filter tersebut sudah kotor apalagi sudah berlubang yang cukup besar. Untuk membersihkannya pun tidak hanya dibersihkan saja. Jenis filter viscous element tidak boleh dibersihkan atau disemprot angin bertekanan. Sebab aka merusak filter dan melunturkan pelumas penangkapan debu di dalamnya. Tidak hanya berefek pada hematnya bensin anda dengan membersihkan atau mengganti filter udara pun motor akan terasa enteng dari sebelumnya.

9. Cek kebersihan karburator

Mungkin bagi anda yang paham dengan otomotif atau seluk beluk mesin sudah tidak asing lagi dengan salah satu bagian dari bagian mesin motor ini yaitu karburator. Karburator sendiri sangat penting pada sebuah motor karena fungsi dari benda ini adalah untuk mencampurkan bahan bakar dengan udara, dengan begitu karburator pun mampu membuat gas yang sempurna jika karburator tersebut bersih, namun sebaliknya jika karburator pada mesin kotor maka performa pada motor anda pun akan lemah dan juga kurang maksimal. Selalu cek kebersihan dengan cara membawanya ke tempat service adalah salah satu tips agar tenaga dan juga kelincahan motor tetap terjaga.

10. Cara berkendara

Cara-cara irit BBM di atas tentu dapat dibilang percuma jika tidak dibarengi dengan cara berkendara yang benar. Hal-hal berkendara yang membuat boros BBM ialah kebut-kebutan, sering memuntir gas secara mendadak setelah motor berhenti, sering main selip kopling dan lainnya. Sebaiknya, jalankan motor dengan tenang, mengurut gas perlahan-lahan waktu berakselerasi, memposisikan perseling pada kondisi kecepatan dan putaran mesin yang pas. Dijamin konsumsi BBM motor anda akan jauh lebih irit.

Demikianlah pembahasan mengenai "Tips Cara Agar Sepeda Motor Irit Bensin", semoga bermanfaat.

Related Posts:

0 Response to "Tips Cara Agar Sepeda Motor Irit Bensin"

Post a Comment