Pengertian, Tujuan, Macam & Contoh Kegiatan Ekonomi

Pengertian Kegiatan Ekonomi

Kegiatan ekonomi adalah kegiatan seseorang atau suatu perusahaan ataupun suatu masyarakat untuk memproduksi barang dan jasa maupun mengkonsumsi (menggunakan) barang dan jasa tersebut. Secara umum pengertian kegiatan ekonomi adalah sebuah kegiatan dimana di dalamnya terdapat pelaku kegiatan ekonomi yang dilakukan untuk memperoleh barang dan jasa agar mendapatkan keuntungan.


Tujuan Kegiatan Ekonomi

 Tujuan kegiatan ekonomi adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam hidupnya terutama kebutuhan primer. Kegiatan ekonomi merupakan kegiatan seseorang, suatu perusahaan atau suatu masyarakat untuk memproduksi barang dan jasa maupun mengkonsumsi barang dan jasa tersebut.

Macam-Macam Kegiatan Ekonomi

Dalam kehidupannya, manusia tidak bisa dilepaskan dari kegiatan konsumsi, produksi dan distribusi maupun jasa. Kegiatannya disebut sebagai kegiatan pokok ekonomi, mengingat kegiatan itu tidak bisa dilepaskan dari keseharian kehidupan manusia dan dilakukan demi mempertahankan kelangsungan hidupnya. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah macam-macam kegiatan ekonomi yang diantaranya yaitu:


1. Kegiatan Produksi

Kegiatan produksi ini ialah sebuah kegiatan ataupun pekerjaan yang dapat menghasilkan barang atau produk dan jasa. Tujuan dari kegiatan produksi ini yakni untuk memenuhi kebutuhan dari konsumen. Sedangkan tujuan pihak produsen sendiri yakni untuk mencari keuntungan atau laba dari kegiatan ini.

Contoh dari kegiatan produksi misalnya seperti: Kegiatan membuat sepatu, kain atau pakaian, kue, motor, mobil dan lain sebagainya dengan tujuan untuk dipasarkan atau dijual. Atau seperti jasa yang menawarkan jasa sedot WC, pangkas rambut, perbaikan elektronik "servis", jasa tukang kebun dan lain sebagainya.

2. Kegiatan Distribusi

Lalu kegiatan distribusi ialah sebuah pekerjaan yang bertujuan menyalurkan produk atau barang maupun menyalurkan jasa kepada para konsumen yang akan membeli produk atau memakai jasa tersebut tentunya mendistribusikannya dengan memakai cara tertentu. Yang melakukan distribusi disebut dengan distribusi atau kita sering menyebutnya penyalur dan yang melakukan distribusi ini biasanya agen dan pedagang besar. Contoh dari pekerjaan distribusi misalnya seperti: Agen surat kabar, agen tenaga kerja, agen yang menjual makanan dan lain sebagainya.

3. Kegiatan Konsumsi

Dan kegiatan konsumsi ialah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh konsumen dalam memakai atau menggunakan suatu produk dan jasa yang diproduksi oleh produsen. Tujuan konsumen dari kegiatan ini yakni untuk memenuhi keperluan sehari-harinya atau kebutuhan hidupnya.

Contoh dari kegiatan ini misalnya seperti: Kita makan di warung nasi, membeli cemilan di warung, membeli pakaian model terbaru di toko atau pasar, membeli gadget terbaru. Atau seperti menggunakan jasa pangkas rambut, berobat ke puskesmas jika terkena sakit, memakai jasa tukang kebun, memakai jasa servis elektronik dan lain sebagainya.

Demikianlah pembahasan mengena "Pengertian, Tujuan, Macam & Contoh Kegiatan Ekonomi", semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang bermanfaat bagi anda.

Related Posts:

0 Response to "Pengertian, Tujuan, Macam & Contoh Kegiatan Ekonomi"

Post a Comment