Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli & Manfaat, Kelebihan Serta Kekurangannya

Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli

adapun pengertian digital marketing menurut para ahli yang diantaranya yaitu:


1. Menurut Urban (2004:2)

Digital marketing menggunakan internet dan teknologi informasi untuk memperluas dan meningkatkan fungsi marketing tradisional. Definisi ini berkonsentrasi pada seluruh marketing tradisional. Kita juga dapat menyatakan bahwa pendapat seperti "interactive marketing", one-to-one marketing dan "e-marketing" erat kaitannya dengan "digital marketing".

2. Menurut Coviello, Milley & Marcolin (2001:26)

Digital marketing ialah penggunaan internet dan penggunaan teknologi interaktif lain untuk membuat dan menghubungkan dialog antara perusahaan dan konsumen yang telah teridentifikasi.

3. Menurut Heidrick & Struggless (2009:1)

perkembangan dari digital marketing melalui web, telepon genggam dan perangkat games, menawarkan akses baru periklanan yang tidak digembor-gemborkan dan sangat berpengaruh. Jadi mengapa para marketer di seluruh asia tidak mengalihkan penggunaan budget dari marketing tradisional seperti TV, radio dan media cetak ke arah media teknologi baru dan media yang lebih interaktif.

4. Menurut Kleindl & Burrow (2005)

Proses perencanaan dan pelaksanaan dari ide atau pemikiran konsep, harga, promosi dan distribusi. Marketing dapat diartikan lebih sederhana yakni pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling memuaskan antara perusahaan dan konsumen.

Manfaat Digital Marketing

Jikan anda beranggapan digital marketing atau pemasaran digital bukanlah sesuatu yang besar dan berpengaruh, maka anda salah. Mulai tahun 2014, jumlah iklan yang dipasang di internet sudah mengalahkan iklan di televisi dan jaringan televisi kabel. Iklan tradisional kini tak lagi memiliki 'kekuasaan' mengingat pemasaran digital multi-channel terus meningkat sebanyak 137% ditambah dukungan kenaikan 500% merek yang menggunakan saluran pemasaran digital. Yang mendorong kenaikan ini tentu saja adalah para konsumen dan anda sendiri.


Sebanyak 72% konsumen sudah terhubung dengan merek pilihan mereka melalui beragam chanel pemasaran digital yang ada. Namun demikian, walaupun mayoritas konsumen dan pemilik usaha memiliki rute pemasaran digital, masih ada usaha kecil yang tidak mengikuti tren ini. Perlu anda ketahui bahwa sistem pemasaran digital tak serumit yang anda bayangkan. Pemasaran digital telah banyak memberikan manfaat besar bagi para pengusaha maupun konsumen.

Berikut ada beberapa manfaat pemasaran digital yang akan meyakinkan anda:

1. Pemasaran Digital Menghubungkan Anda Dengan Konsumen Di Internet

Saat ini konsumen sudah tak lagi mencari informasi mengenai suatu produk barang atau jasa melalui halaman iklan baris. Saat ini, setidaknya 80% konsumen menggunakan internet untuk memperoleh informasi mengenai produk barang atau jasa dengan lebih mudah dan nyaman. Dengan banyaknya alat dan channel yang tersedia dalam pemasaran digital, pemilik usaha dapat mencapai target konsumen mereka yang rata-rata menghabiskan waktu mereka mencari informasi melalui internet.

2. Pemasaran Digital Menghasilkan Penjualan Yang Tinggi

Melalui pemasaran digital, anda dapat menjangkau lebih banyak khalayak yang anda targetkan. Anda juga dapat menghasilkan lead (prospek) dan mencapai peningkatan konversi (penjualan) sampai 24%. Pemasaran digital 'membuka' jalan upaya pemasaran yang akan membuahkan hasil yang menguntungkan.

3. Pemasaran Digital Membuat Anda Lebih Hemat

Pemasaran digital gartnet mengeluarkan laporan yang menunjukkan bagaimana para pengusaha kecil kini sudah mendapatkan banyak keuntungan dari pemasaran digital. Contohnya saja, sebanyak 40% dari mereka melaporkan andanya efisiensi biaya yang ada pada usaha mereka. Usaha kecil yang dimaksudkan disini adalah usaha atau perusahaan yang memiliki sumber daya yang terbatas. Pemasaran digital kemudian bisa membantu pemilik usaha, tidak menghasilkan generasi dan konsumen baru, namun juga membantu menghemat pengeluaran pengusaha.

4. Pemasaran Digital Mengaktifkan Layanan Pelanggan Real-Time

Pemasaran digital menawarkan anda adanya mekanisme respon konsumen atau pelanggan real-time, yang akan memberikan dampak besar pada keberhasilan usaha anda menurut laporan dari eMarketer. Keuntungan dari channel pelayanan yang disediakan oleh pemasaran digital diantaranya adalah menghasilkan pendapatan yang lebih besar, mempertahankan pelanggan dan memberikan kepuasan layanan terhadap konsumen.

5. Pemasaran Digital Menghubungkan Anda Dengan Konsumen yang Menggunakan Perangkat Mobile

Pemasaran digital membawa anda memasuki area pasar raksasa, dimana kegiatan pemasaran digital melalui perangkat mobile menghasilkan hingga 34% dari keseluruhan trafik organik. Menurut eMarketer, teknologi mobile juga mempengaruhi perilaku pembelian konsumen tersebut. Data menunjukkan bahwa 91% orang dewasa di amerika serikat selalu menggunakan perangkat mobile mereka setiap saat.

6. Pemasaran Digital Membantu Menghasilkan Pendapatan Tinggi

Konsumen yang melakukan transaksi secara online membutuhkan enam poin utama untuk meyakinkan mereka agar melakukan pembelian, setelah itu mereka bahkan bisa empat kali lebih banyak melakukan pembelian dari konsumen biasanya. Strategi pemasaran digital dikonfirmasi bisa menghasilkan peningkatan keuntungan 2,8 kali lebih besar bagi sebuah usaha dibandingkan dengan pemasaran tradisional.

7. Pemasaran Digital Memberikan ROI yang Lebih Tinggi Dari Kampanye Anda

Dalam laporan HubSpot, terkonfirmasi bahwa pemasaran digital dapat membantu anda untuk menghasilkan Cost-Per-Lead (CPL) yang lebih baik dibandingkan dengan pemasaran tradisional atau bahkan telemarketing.

8. Pemasaran Digital Menjadi Posisi Anda Terhadap Pesaing

Banyak merek dan usaha saat ini saling bersaing dengan kampanye pemasaran digital mereka. Para pengusaha menggunakann bermacam-macam chanel termasuk display, PPC, dan penggunaan media sosial.

9. Pemasaran Digital Membantu Anda Bersaing Dengan Perusahaan Besar

Tidak hanya membuat posisi anda sejajar dengan pesaing, namun pemasaran digital juga memungkinkan anda untuk bersaing head to head dengan merek dan perusahaan besar.

10. Pemasaran Digital Mempersiapkan Anda Untuk Era Internet Of Things

Gartner melaporkan bahwa pada tahun 2020 diperkirakan adanya 26 miliar gadget, smartphone, tablet, jam tangan, kacamata, sepatu dan peralatan lainnya yang akan saling terhubung dalam ekosistem online secara global yang akan membentuk era internet of things.

Kelebihan Digital Marketing

Perkembangan dunia bisnis sangat dipengaruhi oleh teknologi dan informasi. Termasuk bagian pemasaran yang harus dikuasai oleh bisnis apapun. Era digital mengharuskan anda menguasai pemasaran digital atau yang juga dikenal dengan digital marketing. Konsep pemasaran digital adalah memanfaatkan array luas pada media seperti televisi, radio, perangkat mobile, hingga internet. Media ini akan memberikan infografis mengenai barang atau jasa yang ditawarkan oleh pembisnis, terutama penekanan khusus pada merk sebuah barang atau jasa.

Terlebih pada media internet yang menjadi sarana paling ampuh untuk meroketkan bisnis anda. Media pemasaran ini diklaim bisa menjangkau semua kalangan, kapan pun, dengan cara apapun dan dimanapun. Tentu sangat jauh lebih unggul dibandingkan dengan marketing konvensional yang hanya terbatas waktu, lokasi dan jangkauan pengguna. Berikut ada berbagai kelebihan digital marketing diantaranya yaitu:

1. Jangkauan Konsumen Sangat Luas, Seluruh Dunia

Penggunaan digital marketing seperti teknik SEO (Search Engine Optimization) pada mesin pencari google, iklan di media online hingga pada iklan sosial media tentu akan menjangkau konsumen yang sangat luas. Siapapun yang mengakses array tersebut akan menjangkau iklang atau informasi tentang pelayanan yang anda berikan. Tidak hanya di wilayah lokal, tetapi seluruh dunia bisa mengaksesnya.

2. Kombinasi Sumber Daya Bisa Dimaksimalkan Hasil

Berbicara soal konsep dasar marketing digital ini, anda bisa dengan leluasa memaksimalkan sumber daya apapun yang bisa mendukung digital marketing. Misalkan dengan menggunakan official account agar terlihat lebih elegan, profesional dan terpercaya. Lalu ditambah lagi dengan kampanye melalui media story YouTube seperti beberapa bisnis digital yang kini telah membooming.

3. Memperkirakan Jumlah dan Spesifikasi Jangkauan Calon Konsumen

Kelebihan yang sangat menguntungkan bagi pembisnis adalah bisa memprediksi spesifikasi jangkauan konsumen. Anda bisa menargetkan calon pembeli berdasarkan usia, peminatan, tingkat pendidikan, gender hingga perilaku keseharian yang terpantau di sosial media.

4. Waktu Pencapaian Hasil Relatif Lebih Cepat dan Murah

Kampanye digital untuk melejitkan bisnis tentu memberikan hasil yang jauh lebih cepat dan murah dibandingkan dengan cara konvensional. Lebih cepat mengena pada calon konsumen karena jangkauan luas dalam waktu bersamaan. Sementara murah pada beberapa teknik tertentu, karena konsep marketing digital juga bisa saja mahal karena strategi yang diterapkan membutuhkan sumber daya yang banyak.

Kekurangan Digital Marketing

Adapun kekurangan digital marketing yang diantaranya yaitu:
  • Bisa ditiru
  • Terlalu banyak pesaing
  • Tidak akan dilirik jika tidak menarik
  • Belum tentu cocok
  • Reputasi bisa hancur jika ada reaksi negatif
  • Terlalu bergantung ke teknologi
  • Belum semua orang memakai
Demikianlah pembahasan mengenai "Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli & Manfaat, Kelebihan Serta Kekurangannya", semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang bermanfaat bagi anda.

Related Posts:

1 Response to "Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli & Manfaat, Kelebihan Serta Kekurangannya"

  1. Misi Admin mau share info mungkin dr visitor ada yg membutuhkan info berikut.
    Bagi anda yang sedang membutuhkan jasa maket phubungi maket creator untuk mengetahui layanan pembuatan maket yang ada. Maket Creator melayani jasa maket atau miniayur diorama dan diecast kunjungi web nya di: https://maketcreator.com/.
    Dan jika ada yang menggemari olahraga Airsoft Gun anda bisa berkunjung pada web GokilGun.com atau bisa di cari di Google dgn keyword jual airsoft gun jakarta. Serta kunjungi web Cacingnaga bagi anda yang gemar bermain slot online atau bisa di cari di Google dgn keyword agen slot online

    ReplyDelete