Pengertian, Target, Tujuan SDGs (Sustainable Development Goals) dan Perbedaannya

Pengertian SDGs (Sustainable Development Goals)

SDGs (Sustainable Development Goals) yang merupakan sebuah dokumen yang akan menjadi sebuah acuan dalam kerangka pembangunan dan perundingan negara-negara di dunia. Konsep SDGs melanjutkan konsep pembangunan Mileniu Development Goals "MDGs" yang dimana konsep itu sudah berakhir pada tahun 2015. Jadi kerangka pembangunan yang berkaitan dengan perubahan situasi dunia yang semula menggunakan konsep MGDs sekarang diganti dengan SDGs.

Target SDGs (Sustainable Development Goals)

Target utamanya mengentaskan kemiskinan. Tapi, Indonesia akan menggunakan tiga indikator terkait dengan dokumen SDGs, yaitu pembangunan manusia atau human development yang meliputi pendidikan dan kesehatan, lingkungan dalam skala kecil atau social economic development dan lingkungan yang besar atau enviromental development berupa ketersediaan kualitas lingkungan dan sumber daya alam yang baik.

Tujuan SDGs (Sustainable Development Goals)

Ada banyak tujuan dari SDGs, namun ada tiga tujuan diantaranya yaitu:
  • SDGs diharapkan bisa mengakhiri segala bentuk kemiskinan di semua negara manapun.
  • SDGs bertujuan mengakhiri segala bentuk kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan meningkatkan gizi dan mendorong pertanian secara berkelanjutan.
  • Target SDGs ialah menjamin adanya kehidupan yang sehat, serta mendorong kesejahteraan untuk semua orang di dunia pada semua usia.

Perbedaan Dengan MGDs (Milenium Development Goals)

Pada dasarnya MDGs dan SDGs punya persamaan dan kesamaan tujuan yang sama. Yakni, SDGs melanjutkan cita-cita mulia MDGs yang ingin konsen menanggulangi kelaparan dan kemiskinan di dunia. Namun, dokumen, yang disepakati pimpinan dunia pada tahun 2000 tersebut habis pada tahun 2015. Para pemimpin dunia merasa agenda milenium development goals perlu dilanjutkan, sehingga muncul sebuah dokumen usulan bernama sustainable development goals.

Demikianlah pembahasan mengenai "Pengertian, Target, Tujuan SDGs (Sustainable Development Goals) dan Perbedaannya", semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang bermanfaat bagi  anda.

Related Posts:

0 Response to "Pengertian, Target, Tujuan SDGs (Sustainable Development Goals) dan Perbedaannya"

Post a Comment