Pengertian Online Trading Serta Keuntungan & Kekurangannya

Pengertian Online Trading

Online Trading merupakan suatu sistem perdagangan yang dilakukan secara online yaitu melalui perangkat teknologi internet, dimana dengan menggunakan sistem investor tidak perlu lagi repot untuk datang atau menelpon kantor pialang atau broker.

 Karena hal tersebut bisa dilakukan cukup dengan melalui akses internet yang sekarang bisa dengan mudah didapatkan, anda bisa duduk di rumah sembari menikmati sajian kopi hangat dan bermain bersama keluarga, nongkrong di warung internet atau di kafe-kafe yang memiliki layanan internet Wifi dan tempat lainnya. Segala informasi harga dan aktivitas transaksi bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja selama anda terkoneksi dengan internet.

Dengan alasan seperti itu maka saat ini online trading telah menjadi tren yang dapat dijadikan sebagai alternatif investasi yang mudah dan murah di zaman teknologi yang serba canggih ini. Beberapa kelebihan dari online trading diantaranya adalah Leverange dan Two ways opportunity, dimana dengan adanya Leverange maka investor hanya perlu menyetor modal sebesar 4-10% saja dari total investasi yang diperlukan.

Two ways opportunity yaitu kemungkinan untuk bisa mendapatkan keuntungan saat nilai tukar mata uang menguat atau melemah, dengan kata lain maka anda sebagai investor bisa melakukan transaksi buy dan sell. Selain itu, anda sebagai investor juga dapat secara aktif mengendalikan atau mengelola sendiri tingkat resiko investasi anda menjadi seminimal mungkin. 

Keuntungan & Kekurangan Online Trading

Setiap bisnis memiliki keuntungan dan kekurangannya sendiri-sendiri, begitu pula bisnis online trading. Anda sangat perlu mengetahui keuntungan dan kekurangan dalam bisnis ini sebagai dasar anda sebelum melangkah menapaki bisnis ini.

A. Keuntungan Online Trading

1. Bersifat online

karena sifatnya adalah online, maka online trading dapat dilakukan dimana pun asalkan terkoneksi dengan internet.

2. Jam kerja 24 jam dari senin-jumat

Jadwal kerja online trading di seluruh dunia adalah dari hari senin-jumat. Selama lima hari itu juga online trading bekerja selama 24 jam non stop. Berarti di sini anda memiliki kesempatan untuk trading selama 5 hari penuh non stop. Tetapi dengan jam kerja seperti ini bukan berarti anda harus trading 24 jam non stop. Justru disinilah keunggulannya. Anda bisa memilih kapan pun waktu trading yang anda inginkan selama 5 hari kerja itu.

3. Mudah dipelajari dan mudah digunakan

Online trading dilengkapi dengan software khusus. Software ini yang nantinya akan digunakan untuk melakukan trading. Software ini sangat mudah sekali digunakan. Dilengkapi dengan grafik pergerakan harga, anda bisa dengan mudah mempelajarinya dan menentukan posisi.

4. Margin yang digunakan kecil

Margin atau modal trading per transaksi yang digunakan nilainya lebih kecil dibandingkan jika anda bertransaksi di bank. Untuk nilai marginnya antara US 1000 - US 2000, tergantung dari trading apa yang sedang anda jalankan.

5. Lebih aman

Mengapa dikatakan katakan lebih aman? Karena trading ini dikendalikan oleh anda sendiri. Selain itu pada account yang anda miliki memiliki tiga tingkat keamanan, yaitu sebuah username dan dua buah password. Selain itu dengan menggunakan trading, anda tidak perlu membeli secara fisik yang tentu bisa mengundang niat jahat dari orang lain. Cukup anda mentrandingkan nilainya, maka anda terhindar dari niat jahat pencuri.

Contohnya saja anda trading emas. Bila anda membeli batangan emas tentu sangat beresiko sekali bukan? Bandingkan dengan anda membeli  nilai emas dan memperdagangkannya melalui trading. Tentu akan lebih aman. 

6. Keuntungan 100% atau bahkan bisa lebih

Dalam trading, 100% keuntungan adalah milik anda, bukan milik broker, perusahaan sekuritas atau lainnya. 100% keuntungan milik anda pribadi. Bahkan dalam trading, anda bisa mendapatkan keuntungan lebih dari 100% ketika pasar sedang bagus-bagusnya. Dengan keuntungan sebesar itu, bayangkan saja apa yang anda bisa lakukan dengan keuntungan yang telah anda kantongi itu.

B. Kekurangan Online Trading

1. Butuh modal yang besar

Modal awal untuk pertama kali trading online minimal bisa mencapai US 3000 atau Rp. 30.000.000,-. Itupun anda baru bisa bertransaksi maksimal 3 transaksi. Maka dari itu untuk memulai trading, anda harus sudah siap dengan permodalan. Sebab dengan modal inilah anda bisa mencapai keuntungan yang anda inginkan .

2. Resiko besar

Loss atau rugi merupakan momok yang menakutkan dalam trading, orang bisa saja down saat mengetahui dirinya rugi. Apalagi dalam trading tidak ada lembaga penjamin simpanan (LPS) seperti yang ada di bank. Sebab trading itu benar-benar sebuah bisnis. Dan tidak ada satupun bisnis yang tidak memiliki resiko lagi. Akan tetapi resiko ini masih bisa di minimalisir. Bahkan sebuah kerugian bisa dibalikkan menjadi keuntungan di trading. Caranya adalah dengan menggunakan management resiko.

Demikianlah pembahasan mengenai "Pengertian Online Trading Serta Keuntungan & Kerugiannya", semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang bermanfaat untuk anda.

Related Posts:

0 Response to "Pengertian Online Trading Serta Keuntungan & Kekurangannya"

Post a Comment