Tips Cara Merawat Mesin Mobil Diesel

Mesin diesel pada umumnya membutuhkan perawatan yang tidak sebanyak mobil bermesin bensin, namun biaya perbaikan mobil diesel biasanya lebih mahal. Perawatan mesin diesel yang baik akan mencegah meningkatnya biaya perawatan bengkel dan efisiensi bahan bakar dan mesin selalu dalam peforma yang baik. Mesin diesel adalah mesin yang sangat baik, dan dapat diandalkan untuk penggunaan mobil apapun jika secara rutin dan dirawat dengan baik.

Perawatan mesin mobil diesel
Berikut Tips cara merawat mesin mobil diesel

1. Memanaskan Mesin Mobil Sebelum Digunakan

Memanaskan mesin kendaraan kurang lebih 10 menit akan memberikan pelumasan pada komponen mesin mobil. Selain itu memanaskan mesin mobil selama 10 menit juga akan mencegah terjadinya kaget pada komponen mesin yang bergesekan.

2. Gunakan Solar Dengan Kualitas Yang Baik

Agar mesin diesel tetap bersih dan kinerjanya baik, sebaiknya gunakan solar yang berkualitas baik seperti solardex. Solardex dari pertamina adalah solar yang berkualitas baik dan aman digunakan untuk diesel mobil yang anda miliki

3. Mengganti Filter Solar Secara Rutin

Dalam merawat mesin mobil ini merupakan tips yang sangat penting, karena bisa menjaga supaya mesin mobil tetap awet. Mengganti filter solar secara berkala atau rutin bisa mencegah banyaknya kotoran yang masuk ke dalam mesin diesel mobil. Karena itu, bersihkan mesin mobil secara teratur supaya kinerja mesin tetap baik dan terhindar dari kerusakan.

4. Menggunakan Biodiesel

Cara lain untuk meningkatkan umur mesin adalah dengan menggunakan bio-diesel. Biodiesel dapat digunakan dalam mesin diesel dengan sedikit modifikasi. Bio-diesel lebih bersih dan dapat membantu menghilangkan deposit kotoran yang telah terakumulasi pada dinding tangki solar yang diisikan sebelumnya.

Mesin diesel juga memerlukan pemeriksaan dan perawatan lengkap agar lebih awet dan bertahan performanya. Penggantian oli, filter oli, dan filter udara secara teratur sangat penting untuk menjaga performa mesin yang tepat.

5. Perawatan Water Sedimenter dan Busi Pijar

Biasanya pada filter solar modern sudah dilengkapi dengan water sedimenter. Alat ini berfungsi menangkap kandungan air yang terdapat pada bahan bakar mesin diesel. Lakukan cek secara rutin dan berkala kandungan air pada water sendimenter sudah maksimal dan harus segera dibuang.

Anda dapat membuangnya dengan cara memutar keran drain cock yang terletak di bawah unit water sendimenter. Bila mobil diesel anda sangat sulit ketika akan dinyalakan, maka tidak ada salahnya jika anda mengganti busi pijar pada mesin anda. Anda dapat mengetahui kondisi busi pijar pada mesin anda dengan memberikan arus dari aki, apabila terdapat nyala merah maka dapat dipastikan kondisi busi pijar anda masih sangat baik.

6. Lakukan Pembersihan Mesin Mobil Diesel Secara Rutin

Untuk membersihkan mesin cara yang paling tepat adalah membersihkan mobil dalam keadaan yang hangat. Maka dari itu anda perlu melakukan pemanasan terlebih dahulu terhadap mesin mobil anda dan jangan terlalu lama. Ada dua jenis pembersih yang dapat anda gunakan untuk membersihkan mesin mobil anda yaitu Engine clean yang berfungsi membersihkan kotoran-kotoran yang melekat pada mesin mobil dan Engine dressing yang berfungsi untuk mengembalikan warna asli dari komponen mesin tersebut.

Untuk membersihkan mesin mobil semprotkan terlebih dahulu cairan engine clean yang berfungsi untuk merontokkan debu, oli dan kotoran lainnya yang menempel pada mesin. Untuk bersih yang maksimal anda dapat menggunakan kuas untuk membersihkan kotoran-kotoran tersebut. Setelah itu anda dapat menyiramnya dengan air bersih atau anda dapat menggunakan selang air. Kemudian anda dapat menyemprotkan engine dressing yang dapat membuat warna mengkilap dan tunggu selama lima menit dengan kondisi kap mesin ditutup.

Setelah itu anda dapat mengelapnya. Ada beberapa hal yang perlu di perhatkan saat membersihkan mesin mobil agar tidak merusak komponen-komponen di dalamnya seperti yang berbahan logam, karet, ataupun komponen lainnya yang sangat sensitif. usahakan jangan sampai ada air yang menetes masuk melalui busi ataupun ke komponen elektronik. Jangan sampai mobil anda tidak dapat hidup kembali setelah anda mencucinya.

Demikianlah pembahasan mengenai "Tips Cara Merawat Mesin Mobil Diesel", semoga bermanfaat.

Related Posts:

0 Response to "Tips Cara Merawat Mesin Mobil Diesel"

Post a Comment