Kerusakan Umum dan Sering Terjadi Pada Mobil

Ada banyak kasus mengenai kerusakan yang pernah terjadi pada mesin mobil, dari mulai mobil menjadi kurang nyaman untuk di kendarai, hingga mesin mobil tidak dapat dihidupkan sama sekali. Dengan mengenal beberapa kerusakan umum ini, Disini kita tidak bertujuan untuk memperbaikinya sendiri seperti mekanik mobil yang sudah berpengalaman, hanya saja untuk awam mungkin berguna untuk memperkirakan kemana dan apa kira-kira yang perlu di cek, di setel, ataupun ada komponen yang perlu di perbaiki bahkan harus diganti.

Mengetahui kerusakan umum pada mobil secara ringkas dengan bahasa orang awam

A. Mobil Jalannya tersendat-sendat

Tersendat-sendat kemungkinan besar dapat disebabkan oleh pengiriman bahan bakar yang agak sedikit tidak lancar. Mengenai dimana dan bagian apa yang bermasalah dari sistem bahan bakar, tergantung dari jenis penggunaan bahan bakar mesin tersebut.

a. Mobil solar

 Mobil tersendat-sendat pada mobil bermesin disesel dapat masuk angin, atau kemasukkan angin pada bagian pipa-pipa bos pump. Hal ini dapat terjadi jika tangki sampai kosong sehingga udara terhisap masuk ke dalam pipa bahan bakar. Jika tidak masuk angin, tekanan kompresi yang rendah dapat menyebabakan tenaga berkurang. Hal ini pada mesin diesel bisa di sebabkan oleh bos pump yang sudah aus dan perlu direparasi. Selain itu semua, aliran bahan bakar yang tidak lancar pada mobil solar umumnya karena filternya sudah harus di ganti.

b. Mobil bensin

Mobil bensin terdiri dari dua sistem bahan bakar, yakni sistem bahan bakar karburator dan sistem bahan bakar injeksi. Pada mobil bensin jang jalannya tersendat-sendat umumnya  pada sistem pengiriman bahan bakar ini, juga sangat sering di akibatkan oleh masalah busi yang setengah-setengah mati atau bahkan ada yang mati salah satunya. Bagaimana cara mengetahuinya, apakah disebabkan oleh busi atau sistem bahan bakar? Pertama-tama hidupkan terlebih dahulu mesin dalam putaran idel. Lepaskan satu persatu hubungan busi (pasang kembali jika setelah dilepas sesaat dan diganti yang lainnya), dan bedakan apakah pengaruhnya pada mesin. Jika ada pengaruhnya, berarti busi masih bagus, tapi apabila terasa tidak ada pengaruhnya, maka busi tersebut mati. Jika setiap busi yang dilepas berpengaruh, maka masalah mungkin ada pada sistem bahan bakar.

Jika pada mobil injeksi, pemeriksaan hanya bisa dilakukan dengan peralatan yang memadai. Mesin yang tersendat-sendat bisa disebabkan karena kerusakan ECU, setelan yang berubah, atau selang yang kemasukan udara akibat kehabisan bahan bakar. Hal ini hanya bisa diketahui oleh teknis yang memiliki peralatan untuk sistem injeksi. Pada mobil karburator, mesin tersendat-sendat bisa disebabkan oleh campuran bahan bakar dan udara yang tidak seimbang atau bensin yang mungkin bercampur air. Masalah lainnya bisa juga disebabkan oleh filter. Bahan-bahan bakar yang sudah kotor dan waktunya untuk diganti.

B. Mesin Mobil Cepat Panas

Bagi pemilik kendaraan yang mesin mobilnya atau suhu temperaturnya cepat panas, jangan pernah sekali-kali meremehkan masalah ini dan akibat terparah dari mesin mobil cepat panas adalah kecelakaan, mobil bisa mogok tiba-tiba atau bahkan tiba-tiba mesin berhenti di tengah kecepatan tinggi dan pastilah nyawa taruhannya. 

Namun ada juga mobil disaat jalan tiba-tiba mesin mati, mogok dan berhenti ditengah jalan hal ini juga disebabkan karena decoil/coil yang sudah tidak normal, coil yang bermasalah disaat mesin dalam keadaan panas yang terjadi adalah mesin mati, jika mesin sudah dingin bisa dihidupkan kembali.

Pada umumnya masalah suhu mobil cepat panas biasanya dialami kendaraan yang umumnya sudah lanjut usia, namun tidak menutup kemungkinan bisa juga terjadi pada kendaraan yang masih baru sekalipun, hal ini mengingat banyak mobil yang suka di akal-akali oleh oknum demi kepentingan harga lebih murah dari persaingan antar penjual mobil baru, demi selisih 1 hingga 3 juta per unit beberapa onderdil diganti dengan kualitas kw 2 dst, dan yang original disimpan untuk dijual lagi.

C. Mesin Terasa Tidak BertEenaga

Jika baru-baru saja di rasakan, menurunnya tenaga mesin secara mendadak bisa disebabkan oleh beberapa hal di atas, namun jika lambat laun, masalah ini bisa disebabkan oleh menurunnya tekanan kompresi atau pencampuran bahan bakar yang kurang bagus (khusus mesin karburator). Pada mobil injeksi, penurunan tenaga mesin bisa juga disebabkan oleh injektor bahan bakar yang yang sudah mulai aus dan perlu direparasi. Kopling yang menipis menyebabkan slip dan menurunkan tenaga, dan menurunnya kompresi pada ruang bakar adalah penyebab yang umumnya dikarenakan umur pakai kendaraan.

 D. Mesin Mobil Berasap Putih Dari Knalpot

Asap putih dari knalpot menandakan bahwa jika ada oli yang ikut terbakar. Hal ini sangat mempengaruhi performa mesin dan jika dibiarkan lama-lama akan mengotori ruang bakar dan semakin akan melemahkan mesin. Kondisi mobil berasap seperti ini tidak terjadi secara tiba-tiba, tapi melalui proses yang lama dan akan dipercepat karena pemakaian gigi yang salah atau medan berat yang harus dilalui setiap hari. Apa yang harus diperbaiki bila mesin mobil berasap putih dari knalpot? tentu saja jawabannya adalah ring oli, karena komponen ini yang mencegah rembesan oli bisa masuk keruan bakah mesin.

E. Aki Sering Tekor

Aki mobil yang sering tekor bisa disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya:
  • Mobil yang lama tidak di pakai dan tidak pernah di panaskan. Untuk mobil yang tidak kita pakai dalam jangka waktu yang lama sebaiknya tetap di panaskan, setidaknya 2 hari sekali selama 5 menit supaya aki tetap mendapatkan asupan listrik.
  • Dynamo Amphere atau yang sering di kenal dengan alternator sudah lemah atau rusak. Alternator yang rusak atau lemah tidak akan mampu lagi untuk mensuplai listrik ke aki, coba cek panel di listrik yang bergambar aki pada dashboard mobil untuk mengecek apakah alternator masih berfungsi atau tidak.
  • Kabel aki atau kabel dynamo amphere, jika kabel ini kendor maka suplay stroom ke aki pun tidak akan menjadi maksimal
  • Kebiasaan untuk tidak  mematikan kunci kontak, hal ini juga menjadi penyebab aki mobil tekor, ini karena lampu indikator akan terus menyala. Dan ini membutuhkan asupan listrik yang banyak sehingga akan terbuang sia-sia.

F. Mesin Sulit Untuk Dihidupkan

Mesin sulit hidup bisa disebabkan karena timing pembakaran yang kurang tepat, yang menyangkut pada setelan pengapian. Pada mobil karburator, masalah seperti ini sering kali disebabkan oleh karburator. Pada mobil injeksi, mungkin pompa bahan bakar atau injektornya yang sudah melemah. kalau mesin disesel, bisa disebabkan oleh sistem pemanasan yang kurang bekerja dengan baik atau menurunnya tekanan injeksi oleh kerusakan pada bospomp atau injektor.

Demikianlah pembahasan mengenai "Kerusakan Umum dan Sering Terjadi Pada Mobil", semoga bermanfaat.

Related Posts:

0 Response to "Kerusakan Umum dan Sering Terjadi Pada Mobil"

Post a Comment