Memahami Sistem Mesin Motor Pembakaran Dalam (Internal Combustion Engine)

Motor bakar adalah alat (mesin) yang menghasilkan tenaga dari suatu proses pembakaran bahan bakar. Sementara itu motor pembakaran dalam (Internal Combustion Engine) adalah motor atau mesin, yang di mana proses pembakaran bahan bakar  terjadi di ruang tertutup yang disebut dengan ruang bakar. Reaksi eksotermis dari bahan bakar dan oksidator akan menciptakan gas dengan suhu dan tekanan yang tinggi, yang kemudian akan di bakar supaya bisa melepaskan energi yang besar untuk menggerakkan robot/poros mesin.
Internal Combustion Engine

A. Mengenal Mesin Motor Pembakaran Dalam

Jenis motor pembakaran dalam yang paling banyak di gunakan dalam memudahkan pekerjaan sehari-hari adalah motor bensin. Motor bensin ini menggunakan bahan bakar bensin, yang secara umum banyak di aplikasikan untuk mesin mobil-mobil transportasi, mobil angkutan, dan mesin sepeda motor. Motor bensi ada dua jenis menurut cara kerjanya, yaitu jenis motor bensin 2 langkah (diciptakan pertama kali). Dan jenis yang kedua adalah mesin bensin 4 tak, di kenal paling efektif dan irit bahan bakar.

Selain motor bensi, ada juga motor diesel yang menggunakan bahan bakar solar, secara umum banyak di aplikasikan untuk kendaraan-kendaraan/alat berat seperti mesin industri, mobil keruk, tank, ktruk besar, kapal laut, pembangkit listrik tenaga diesel, dll. Motor diesel juga banyak digunakan untuk mobil kecil dan mobil niaga namun dengan teknologi terbaru, sehingga efek getaran tinggi dan suaranya yang kasar dapat bisa di atasi.

B. Jenis Motor Pembakaran Dalam Lebih Luas

Mesin pesawat seperti pesawat jet, helikopter, ataupun roket yang menggunakan mesin turbin gas juga bisa dimasukkan ke dalam golongan mesin pembakaran dalam. Mesin turbin jet ini membakar bahan bakar secara terus menerus, sehingga menghasilkan semburan gas panas yang kuat, konsumsi bahan bakar yang tinggi, serta putaran yang sangat tinggi sehingga tidak cocok digunakan untuk transportasi darat khsusunya mobil.

C. Kekurangan Mesin Pembakaran Dalam

Di satu sisi, mesin pembakaran dalam adalah jenis mesin yang paling efisien, ringkas dan bertenaga, namun tetap saja memiliki kelemahan. Kelemahan utama dari sistem mesin motor pembakaran dalam adalah suaranya yang  bising, dan polusi dari gas buang yang dihasilkan. Masalah polusi ini dianggap sebagai masalah global yang serius, sehingga banya negara di dunia menerapkan kebijakan emisi rendah dari gas buang untuk kendaraan. Karena kekurangan ini juga, banyak produsen mobil yang mecoba untuk menciptakan suatu kendaraan hybrid yang ramah lingkungan, yang menggunakan motor listrik atau bahan bakar bio atau setidaknya menciptakan mesin yang paling rendah emisi dengan cara memaksimalkan efisiensi penggunaan bahan bakar.

D. Awal Terciptanya Mesin Pembakaran Dalam

Mesin pembakaran (motor bensin dan disesel khususnya) seperti yang banyak kita kenal digunakan untuk mobil dan motor ini tidak serta merta ditemukan dan tercipta beigitu saja oleh seseorang, namun memiliki sejarah panjang yang saling diilhami oleh penemu-penemu sebelumnya. Sejak Leonardo Davinci tahun 1509 yang menggambarkan mesin kompresi hingga pada tahun 1893 di mana Rudolf Diesel (penemu mesin diesel) menerima paten mesin diesel dan kemudian tahun 1900 ia memperkenalkan mesin berbahan bakar biodiesel dari kacang pada pameran dunia. Dan pada tahun yang sama , Wilhelm Maybach merancang mesin untuk Daimler motor yang diperlukan untuk mesin mobil pertama yang bernama Daimle Mercedes.

Demikianlah pembahasan mengenai "Memahami Sistem Mesin Motor Pembakaran Dalam (Internal Combustion Engine)", semoga bermanfaat.

Related Posts:

0 Response to "Memahami Sistem Mesin Motor Pembakaran Dalam (Internal Combustion Engine)"

Post a Comment