Cara Menghemat Listrik

   Ketergantungan masyarakat terhadap listrik boleh dikatakan cukup tinggi sekarang ini. Sebenarnya bukan hanya listrik saja, ketergantungan kita terhadap berbagai energi hasil bumi yang tidak dapat diperbaharui untuk keberlangsungan hidup kita begitu besar. Apalagi sejak kehadiran gadged sebagai penemuan di bidang informasi dan teknologi yang kini sangat digandrungi mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Karena itu dengan makin tingginya kebutuhan ini, sekarang makin banyak ajakan untuk menghemat listrik.
   Kita menyadari ketergantungan yang tinggi terhadap Sumber daya alam ini begitu besar dan tidak menutup kemungkinan suatu saat energi ini akan habis dan tidak bisa di produksi lagi. Jelas kita akan kesulitan untuk beraktivitas bila pola pikir dan pola hidup kita masih berkuat pada barang-barang hasil kecerdasan manusia ini. Meski telah ditemukan berbagai energi alternatif yang bisa menggantikan posisi Sumber daya alam seperti listrik dan bahan bakar kendaraan, jumlah energi alternatif ini masih tergolong sangat sedikit bahkan belum ada perusahaan yang memproduksi dan menjualnya ke masyarakat umum. Secara tidak langsung pun sebenarnya kita "dididik" secara kurang benar untuk bergantuk kepada Sumber daya alam yang jelas akan habis suatu saat ini bila kita tidak segera memutuskan untuk mencoba menggunakan energi alternatif.

Tanggung Jawab Kita Terhadap Penggunaan Listrik

   Terlepas dari ada dan tidaknya perusahaan yang memproduksi energi alternatif di tengah gencarnya permasalahan energi sekarang ini di seluruh dunia keberlangsungan hidup setiap orang sejatinya adalah tanggung jawab pribadi. Artinya terlepas dari keadaan dunia yang masih "diarahkan" untuk bergantung pada Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui ini, kita bertanggung jawab kepada diri kita sendiri tentang kebutuhan dan ketergantungan kita terhadap olahan hasil bumi ini. Tanpa perlu menyuarakan pendapat dan di dengarkan oleh masyarakat seluruh dunia mengenai betapa pentingnya enggunakan energi alternatif mulai dari sekarang, kita bisa membuat perubahan dan menularkannya sedikit demi sedikit kepada orang-orang di sekitar kita melalui sebuah kebiasaan hidup yang baik dengan menggunakan berbagai macam energi alternatif. 
   Misalnya dalam mengatasi tingginya ketergantungan kita terhadap kebutuhan penyediaan listrik untuk menjalankan berbagai aktivitas kita sehari-hari. Semakin tinggi ketergantungan kita terhadap listrik, semakin banyak penggunaan listrik kita dalam satu hari, diakumulasikan dalam satu bulan dan hasilnya akan terlihat melalui nominal tagihan listrik yang membengkak. Meski terlihat harga listrik per KwH belum mencapai nominal di atas Rp. 1.000,00 namun akumulasi dari penggunaan setiap harinya yang besar sama saja akan menghasilkan tagihan yang cukup merogoh kocek. 
   Belum lagi bila anda masih ketergantungan terhadap Sumber daya alam lainnya yang pasti digunakan sehari-hari untuk segala keperluan rumah tangga. Bagaimana bila ketergantungan antara listrik dan air sama-sama besar, sedangkan penghasilan anda sebenarnya tergolong cukup? Jelas anda harus putar otak untuk mencari cara supaya setiap Bulan anda tidak perlu mengeluarkan dana terbesar untuk membayar kebutuhan listrik. Hal lain yang mesti di pertimbangkan adalah bila anda sudah berkeluarga yang mana setiap anggota keluarga sama-sama akan membutuhkan listrik, sementara yang berkewajiban membayar semua tagihan bisa jadi hanya anda. Masih sanggul untuk membayar berkali lipat lebih tinggi hanya untuk kebutuhan pada energi hasil bumi ini?.

Menghemat Biaya Listrik Di Rumah

   Mengingat bahwa ketersediaan energi listrik terbatas sementara kebutuhan kita dalam menggunakannya tidak pernah selesai, maka untuk meminimalisir bengkaknya tagihan listrik harus disiasati dengan pola hidup hemat. Terutama untuk energi listrik. Kerap kali kita memiliki kebiasaan yang sangat jelek dengan menggunakan listrik bahkan saat siang hari. Efeknya terasa saat di akumulasi pada akhir Bulan. 
   Untuk menghindari hal tersebut, beberapa cara dan tips untuk menghemat listrik ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari :

1. Cabut Kabel/Peralatan Dari Saklar Saat          Tidak Digunakan 

Cabut kabel saat tidak digunakan
   Jangan biarkan peralatan terpasang pada saklar ketika sedang tidak digunakan, baik itu pengisi daya gadget anda, TV, setrika, maupun barang elektronik lainnya. Ketika anda merasa tidak perlu menggunakan listrik untuk itu, sebisa mungkin hindari kebiasaan meninggalkan barang elektronik dengan kabel masih tertancap pada saklar meski dalam keadaan mati atau off. Listrik akan tetap mengalir dalam kabel tersebut ke dalam elektronik anda. Jika begini, listrik akan terbuang sia-sia dan anda harus membayar tagihan listrik yang sebenarnya beberapa persen dari tagihan itu merupakan tagihan listrik yang terbuang percuma. Lebih baik cabut kabel peralatan elektronik dari saklar untuk memutuskan daya listrik yang mengalir dan akhirnya terbuang begitu saja. 

2. Gunakan Listrik Dengan Sistem Pulsa

Gambar listrik prabayar
   Penggunaan listrik pada sistem pulsa akan membantu anda dalam menghemat pengeluaran untuk tagihan listrik. Listrik pulsa ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang sudah anda rencanakan sebelumnya dalam satu bulan. Hal ini membantu anda dalam mengontrol pemakaian listrik secara berlebihan dam membuat anda lebih bijak dalam menggunakan listrik. Ketika pulsa listrik anda telah habis, maka secara otomatis semua aliran listrik yang ada di rumah anda akan terputus dan mati sehingga untuk mengaktifkannya kembali anda harus membeli pulsa listrik lagi. Sistemnya sama seperti pulsa handphone prabayar sehingga anda bisa menghitung kebutuhan dan meninjau kembali apa saja yang sebenarnya bisa di eliminasi dari pemakaian listrik yang berlebihan dan dialokasikan pada kebutuhan lain yang lebih penting.

3. Hemat Pemakaian Lampu 


 Untuk kebutuhan lampu, siasati kebutuhan
penerangan di rumah dengan menggunakan lampu hanya pada saat benar-benar dibutuhkan saja. Manfaat sinar matahari sebagai sumner penerangan utama saat siang hari. Gunakan lampu hemat energi yang hanya menggunakan jumlah kebutuhan listrik yang relatif sedikit. Usahakan untuk menerapkan aturan mematikan setidaknya dua lampu pada pukul 17:00 hingga 20:00. Beberapa siasat dan pengendalian diri terhadap pemakaian listrik yang lebih dibatasi ini cukup membantu anda dalam mengurangi ketergantungan terhadap listrik dan menekan biaya tagihan listrik bulanan anda.

4. Gunakan AC Seperlunya 

 
Gunakanlah AC seperlunya
Mesin pendingin ini bekerja dengan menggunakan listrik lebih banyak dibandingkan dengan peralatan elektronik lainnya. Bila di rumah anda menggunakan AC, pilihlah AC yang hemat energi dengan kemampuan untuk menaikkan suhu atau off secara otomatis ketika ruangan sedang ada sedikit orang atau justru tidak ada orang sehingga tidak perlu anda mendinginkan ruangan yang efeknya tidak akan dirasakan siapa-siapa. Sesuaikan suhu AC dengan luas ruangan dan jumlah orang yang ada. Suhu 20°C untuk luas ruangan sama yang diisi oleh satu orang dengan 5 orang dapat dirasakan berbeda. 
   Suhu ini bisa dirasakan sudah cukup dingin pada ruangan yang diisi hanya oleh satu orang namun dirasa masih cukup gerah untuk ruangan yang ditempati oleh 5 orang. Pendingin makanan (kulkas) juga harus di perhatikan dalam penggunaannya. Jangan mengisi kulkas terlalu penuh karena kulkas akan menyesuaikan suhu dengan banyaknya barang yang ada di dalam kulkas. Hindari kebiasaan membuka pintu kulkas untuk jangka waktu yang lama karena mesinnya akan bekerja lebih tinggi untuk menyesuaikan suhu di dalam dan di luar kulkas yang akhirnya akan menggunakan lebih banyak listrik.

5. Matikan Alat Elektronik Saat Tidur

   Hindari kebiasaan tidur dengan berbagai peralatan elektronik tertinggal dalam keadaan menyala. TV masih menyala ketika tidur, lampu asih menyala, gadget sedang dalam proses pengisian baterai. TV yang masih menyala ketika anda tidak sedang menontonnya jelas memberikan efek berupa tagihan listrik yang lumayan besar. Lampu sebaiknya dimatikan ketika anda sedang beristirahat selain untuk menghemat biaya listrik juga baik untuk merilekskan tubuh anda sehingga bisa beristirahat dengan lebih baik jangan pernah tinggalkan gadget anda dalam keadaan menyala saat mengisi daya ketika anda memutuskan untuk tidur. Anda mungkin merasa tidak keberatan padahal pembayaran tagihan listrik namun resiko lain seperti baterai kembung hingga bocor mengintai.

Demikian penjelasan materi "Cara Menghemat Listrik", semoga bermanfaat. 

Related Posts:

0 Response to "Cara Menghemat Listrik"

Post a Comment