Pusat Peragaan IPTEK TMII

   Pusat peragaan ilmu pengetahuan dan teknologi (science center) atau disingkat PP-IPTEK adalah sarana pembelajaran luar sekolah untuk menumbuh kembangkan budaya ilmu pengetahuan dan teknologi secara mudah, menghibur, berkesan, dan kreatif. Gagasan pendiriannya berawal dari menteri riset dan teknologi republik Indonesia, Prof.Dr.B.J.Habibie, yang berkeinginan bagaimana mencerdaskan masyarakat Indonesia melalui ilmu pengetahuan dan teknologi. Dibangunlah PP-IPTEK di gedung terminal B Skylift-TMII di atas lahan seluas 1000 m² dan diresmikan oleh presiden soeharto pada tanggal 20 april 1991.

   Pada perkembangannya, PP-IPTEK menempati degung baru terletak di poros utama di kawasan Timur Taman mini "Indonesia indah" menghadap monumen persahabatan KTT Non Blok. Gedung ini bergaya arsitektur futuristic dengan luas bangunan 24.000 m² di atas lahan 42.300 m², merupakan bangunan besar yang menempati area terluas ke dua di TMII, dan diresmikan olepresiden soeharto pada tanggal 10 november 1995.
   Pusat peragaan ini dibangun dengan maksud menyadarkan masyarakat mengenai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dunia secara sangat cepat. Arah perkembangan ini harus disadari agar kita dapat mengikutinya untuk kemudian maju bersama perkembangan tersebut. Peragaan di PP-IPTEK dibuat sangat menyenangkan dan menghibur, melalui berbagai program dan peragaan interaktif yang dapat disentuh dan dimainkan. Melalui interaksi ini, diharapkan mampu mendorong buhnya pemikiran tentang apa, mengapa, dan bagaimana IPTEK digali dan dimanfaatkan bagi umat manusia agar lebih nyaman dan sejahtera.
   Momok mengenali ilmu pengetahuan dan teknologi yanh serius dan membosankan terbantahkan. Pengunjung dapat mengembangkan motivasi dalam memahami prinsip-prinsip ilmu pengetahuan dan teknologi dengan mudah dan berkesan melalui 250 alat peraga yang bosa disentuh, dipegang, dan dimainkan. Peraga disiapkan untuk anak-anak dari Taman kanak-kanak (TK) sampai dengan sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) dan di sediakan lembar kerja sains yang akan memadu amak didik untuk belajar ilmu pengetahuan dan teknologi agar lebih terarah dan intensif. Beberapa alat peraga menantang misalnya sepeda layang, roket air,  try science, generator van de graft, dan simulator gempa bumi.
   Kegiatan yang ditawarkan kepada pengunjung beragam dan disesuaikan dengam sasaran: untuk tingkat taman kanak-kanak, sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah umum (SMU), dan keluargmeliputi sanggar kerja dan demo ilmu pengetahuan dan teknologi, pelatihan perancangan alat peraga, science fair, pelatihan proses ilmu pengetahuan alam, pelatihan peduli lingkungan hidup, science camp, peneropongan bintang, aneka lembar kreativitas dan kuis, dan lomba perancangan alat peraga.
   Disamping itu pengunjung bisa menyaksikan film-film ilmiah yang diputar di ruang auditorium berkapasitas tempat duduk 130 orang untuk menambah ilmu pengetahuan yang menghibur dan dapat memahami sains dengan cara yang mudah dan menyenangkan. IPTEK tidak hanya menyediakan sarana untuk penduduk Jakarta dan sekitarnya, melainkan juga memiliki program kegiatan outreach ke mal dan pusat keramaian, desa, sekolah, dan daerah dengan membawa peralatan peraga yang bersifat portable.
 
Gambar salah satu wahana pusat peraga IPTEK TMII
 Di PP-IPTEK terdapat 18 wahana IPTEK yang dapat dikunjungi. Ada beberapa wahana yang diklasifikasikan ke dalam klaster setiap wahana dan klaster tersebut memiliki berbagai macam alat peraga untuk menjelaskan segala hal tentang IPTEK. Alat peraga yang ada di PP-IPTEK sudah lebih dari 400 alat peraga. Kebanyakan alat peraga yang ada bersifat interaktif karena pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan menyentuh dan memainkan alat peraga itu.
 
Pertama kali pengunjung masuk akan disuguhi wahana taman jurassi, ada wahana listrik, dan magnet. Wahana ini memiliki 3 klaster, yaitu klaster listrik, klaster transistor, dan klaster magnet, alat peraganya terdiri dari prinsip-prinsip dasar listrik dan magnet.enuju tangga ke bawah, ada wahana getaran dan gelombang. Disini pengunjung dapat belajar membedakan gelombamg tsunami dan air laut. Terdapat juga alat peraga berupa rumah sebagai simulasi tsunami untuk merasakan langsung getaran saat terjadi tsunami. Ada juga arena peneliti cilik yang di khususkan untuk anak usia 4 tahun ke bawah. Disini anak-anak dapat belajar sambil bermain permainan sains yang sangat mengasyikkan sehingga membuat anak banyak ingin tahu. Ada pula wahana robotik, dalam wahana ini disuguhkan berbagai bentuk robot yang unik dan menarik, ada juga bentuknya seperti robot sungguhan. Nah, ada wahana matematika juga buat yang cermat dan suka berhitung. Pengunjung dapat dengan mudah belajar matematika sekaligus memainkannya, membuat otak terpacu untuk berfikir.
   Itulah beberapa wahana yang ada di PP-IPTEK ini. Selain wahana PP-IPTEK juga memiliki 13 program sains regular. Program-program yang ditampilkan sangat berguna dan bermanfaat membantu mempelajari tentang ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama untuk anak-anak. Di sini tidak hanya belajar saja, tapi juga bermain.bisa diumpamakan "belajar sambil bermain",atau lebih pas lagi "bermain sambil belajar" karena anak-anak bisa lebih banya bermainnya.

Demikian penjelasan materi "Pusat Peragaan IPTEK TMII",ssemoga bermanfaat.

Related Posts:

0 Response to "Pusat Peragaan IPTEK TMII"

Post a Comment