Sumber Daya Alam Di Kawasan Asia Tenggara

   Setiap wilayah biasanya mempunyai sumber daya alam yang dapat dimanfatkan oleh manusia. Tidak semua wilayah memiliki sumber daya alam yang melimpah , ada yang kaya akan sumber daya alam tetapi ada yang miskin sumber daya alamnya. Berbagai macam jenis sumber daya alam terdapat di kawasan asia tenggara. Sumber daya itu tersebar di banyak negara. Sumber daya itu digolongkan menjadi dua golongan yaitu sumber daya yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui. 

Penggolongan Sumber Daya Alam

Sumber daya alam dapat digolongkan sebagai berikut :

1. Tanah

   Sumber daya alam di kawasan asia tenggara beraneka ragam jenisnya dan sesuai dengan proses pembentukannya. Berikut ini adalah jenis tanah yang paling banyak terdapat di kawasan asia tenggara.
  • Tanah Vulkanik, merupakan jenis tanah hasil proses vulkanisme gunung merapi. Tanah jenis vulkanik bersifat subur. Karena subur maka sangat baik untuk pertanian. Tanah jenis ini banyak terdapat di negara indonesia, thailand, dan malaysia serta myanmar.
  • Tanah Aluvial (endapan), merupakan jenis tanah yang telah dibawa dan telah diendapkan oleh aliran air sungai. Karena subur tanah aluvial maka sangat baik untuk pertanian. Tanah aluvial banayak terdapat di daerah lembah atau tepi aliran sungai dan delta. Di kawasan asia tenggara tanah aluvial terdapat di lembah serta delta di sungai Nan, sungai Mekong, dan sungai Bengawan solo.

2. Hutan (Flora dan Fauna)

   Kawasan asia tenggara sebagian beriklim tropis dengan nilai curah hujan yang terbilang tinggi. Dengan keadaan seperti ini akhirnya menumbuhkan hutan tropis yang kaya akan flora dan fauna. Hutan menghasilkan banyak sekali manfaat, contohnya hutan menghasilkan  kayu serta rotan yang akan berguna untuk membuat macam-macam barang dan bahan bangunan.

3. Perairan 

   Semua di kawasan asia tenggara memiliki wilayah laut, kecuali laos. Laut adalah sumber daya alam yang penting. Dari laut diperoleh manfaat berikut ini :
  • Sebagai sumber bahan pangan yang berupa ikan dan juga hasil laut lainnya.
  • Sebagai jalur transportasi air.
  • Sebagai obyek wisata.
  • Dari dasar laut sering juga ditemukan bahan-bahan tambang seperti minyak bumi dan gas alam.

4. Tambang

   Setiap negara di asia tenggara memiliki hasil tambang, kecuali negara singapura. Berikut ini adalah hasil tambang dari taip-tiap negara :
  • Brunei Darussalam : Gas alam dan minyak bumi.
  • Filiphina : Biji besi, mangan, timbal, dan perak.
  • Indonesia : Minyak bumi, gas alam, emas, perak, timah putih, bijih besi, dan lain-lain.
  • Kamboja : Bijih besi, mangan, fosfat, dan emas.
  • Laos : Bijih besi, batu bara, belerang, gibs,timbal emas, dan tembaga.
  • Malaysia : Minyak bumi, timah putih, gas alam, bijih besi, dan emas serta bouksit.
  • Myanmar : Minyak bumi, emas, timbal, tembaga, dan timah.
  • Thailand : Timah putih, emas, wolfram, timah hitam, dan mangan.
  • Timor Leste : Emas, mangan, marmer, dan minyak bumi.
  • Vietnam : Bijih besi, emas, timah, gamping fosfast, dan seng serta minyak bumi.

Penjelasan Hutan, Pertanian, Bahan Tambang  Kawasan Asia Tenggara

a. Hutan Kawasan Asia Tenggara

Gambar hutan di asia tenggara
   Lebih dari 50% kawasan asia tenggara ditumbuhi oleh hutan. Hutan menghasilkan berbagai jenis kayu. Hutan di asia tenggara terdiri atas beberapa jenis, antara lain hutan hujan tropis (Khatulistiwa), hutan monsun tropis, hutan belukar, hutan gunung, hutan pantai, dan hutan rawa. Sebagian besar jenis hutan yang tumbuh adalah hutan hujan tropis. Hutan hujan tropis memiliki ciri-ciri sebagai berikut : 
  1. Daunnya hijau sepanjang tahun.
  2. Jarak antarpohon rapat dan tutupan daun tebal.
  3. Terdapat lapisan-lapisan jenis tumbuhan.
  4. Tumbuh-tumbuhan bawah jarang ditemui.
  5. Banyak tumbuhan parasit dan menjalar.

b. Pertanian Kawasan Asia Tenggara

   Di negara-negara asia tenggara, kecuali singapura, brunei darussalam, dan malaysia, lebih dari 50% penduduk bekerja di bidang pertanian. Jenis tanaman yang dapat diusahakan dibedakan menjadi tanaman pangan dan tanaman perdagangan.
1) Pertanian tanaman pangan
   Tanaman pangan yang utama adalah padi. Padi ditanam di seluruh negara asia tenggara, kecuali di negara singapura. Negara penghasil padi yang utama yaitu indonesia, Thailand, myanmar, dan vietna. Bahkan, hasil padi dari thailand, myanmar, dan vietnam diekspor. Penanaman padi banyak dilakukan di kawasan asia tenggarakarena faktor sebagai berikut.
a) Terdapat banyak dataran rendah yang rata seperti lembah, sungai, delta, dan dataran pantai.
b) Curah hujan tahunan 1.500-3.000 mm.
c) Suhu udara tinggi (25-30C).
d) Jenis tanahnya adalah aluvial dan bahan gunung api yang subur.
e) Pengairan cukup mudah.
f) Tersedia banyak tenaga kerja.

2) Pertanian tanaman perdagangan
Gambar pertanian kelapa sawit
   Tanaman perdagangan utama di kawasan asia tenggara adalah karet dan kelapa sawit. Kedua jenis tanaman ini banyak diusahakan di negara indonesia, malaysia, dan thailand. Sebagian besar karet dunia dihasilkan dari ketiga negara tersebut. Asia tenggara memasoki lebih dari 70% kebutuhan kelapa sawit dunia. Negara yang menghasilkan banyak kelapa sawit adalah malaysia dan indonesia. Kelapa sawit banyak ditanam di daerah semenanjung malaysia dan sabah (malaysia) serta kalimantan dan sumatra (indonesia).Tanaman perdagangan yang lain adalah tebu, kelapa sawit, teh, abaka, dan jute. Kawasan asia tenggara menghasilkan sekitar 80% gula dunia. Negara filiphina adalah penghasil gula terbesar di asia tenggara. Daerah utama penghasil tebu adalah dataran tengah Luzon dan kepulauan Visayan (Negros, pane, dan cebu) di filiphina dan indonesia (Jawa, kalimantan, dan sumatra). Teh tumbuh subur di dataran tinggi yang berhawa sejuk dan cukup air. Teh banyak dihasilkan di dataran tinggi cameron (malaysia) dan priangan (Jawa, indonesia).

   Kelapa tumbuh subur di daerah pantai yang panas dan lembab sepanjang tahun. Filiphina adalah penghasil terbesar kelapa di asia tenggara. Kelapa banyak dihasilkan dari kepulauan Visayan (pulau samar dan cebu) di filiphina dan pantai barat sumatra (indonesia). Cebu menjadi pusat pengumpulan dan pemproseskan kopra (kelapa kering) yang utama. Filiphina menghasilkan abaka dalam jumlah besar di asia tenggara. Serat abaka digunakan untuk membuat tali. Jute tumbuh subur di daerah delta berwa di muara sungai Irrawady, myanmar, serat jute banyak digunakan untuk membuat karung goni.

c. Bahan Tambang Kawasan Asia Tenggara

   Kawasan asia tenggara menghasilkan berbagai bahan tambang. Bahan tambang dapat dibedakan menjadi jenis logam, nonlogam, dan bahan bakar.

1) Bahan tambang logam
Bahan tambang logam yang dihasilkan dari kawasan asia tenggara antara lain bijih timah, bijih besi, tembaga, emas, wolfram/tungsten, auksit, kuprum, kromium, dan nikel.

2) Bahan tambang non logam
Jenis bahan tambang non logam seperti batu permata dan garam batu dihasilkan dari kawasan asia tenggara.

Demikian penjelasan materi "Sumber Daya Alam Di Kawasan Asia Tenggara", semoga bermanfaat.

Related Posts:

0 Response to "Sumber Daya Alam Di Kawasan Asia Tenggara"

Post a Comment