Penyebab Terjadinya Kelangkaan Sumber Daya Ekonomi

Kelangkaan adalah sebuah permasalahan yang kompleks di mana akan menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan kita. Kelangkaan adalah kondisi dimana manusia tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya karena sumber daya alam atau hasil bumi telah habis dan tidak memiliki kemampuan untuk memenuhi apa yang kita butuhkan. Dalam dunia ekonomi bisa dikatakan bahwa kelangkaan merupakan kondisi di mana kebutuhan manusia lebih banyak dari pada produk yang tersedia. Pada dasarnya kelangkaan itu mengandung dua makna penting, diantaranya.
  1. Alat pemenuh kebutuhan hidup tidak sanggup untuk memenuhi kebutuhan yang ada.
  2. Diperlukan pengorbanan lebih untuk mendapatkan alat pemuas kebutuhan hidup manusia.
Masalah kelangkaan selalu dihadapkan dengan bagaimana cara-cara atau kiat-kiat seseorang untuk memenuhi kebutuhannya yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan seadanya. Suatu kelangkaan yang akan terjadi memiliki beberapa ciri-ciri, yaitu:
  • Jumlah alat pemuas kebutuhan berupa suatu produk baik barang ataupun jasa terbatas atau kurang mencukupi kebutuhan manusia yang tidak ada batasnya sehingga sulit untuk ditemukan dan diperoleh. Yang sering terjadi adalah kondisi di mana jumlah alat pemuas kebutuhan selalu tertinggal dengan jumlah kebutuhan manusia yang ada.
  • Harga kebutuhan hidup meningkat drastis dari harga biasanya harga normal dipasaran dikarenakan beberapa faktor diantaranya jumlah produk yang terbatas, permintaan akan produk tersebut tinggi, dan biaya produksi mahal.
  • Pengorbanan harus dilakukan oleh seorang konsumen dalam upaya mendapatkan kebutuhannya tersebut baik dalam bentuk barang maupun jasa. Mengorbankan pemikiran dalam menentukan kebutuhan mana yang harus di dahulukan bahkan harus mengorbankan kebutuhan yang lebih utama untuk mendapatkannya. Tidak hanya itu konsumen harus mengorbankan tenaganya untuk bekerja mencari uang dengan tujuan untuk dibelikan produk yang mereka butuhkan.
Dalam hal ini ilmu ekonomi memiliki peran besar karena yang menjadi permasalahan utama dalam dunia perekonomian adalah bagaimana cara menyeimbangkan kebutuhan dan keinginan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang hanya memiliki jumlah terbatas. Kelangkaan terjadi bukan tanpa sebab, kelangkaan terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya:

a. Perbedaan Letak Geografis

Sumber daya alam tersebar tidak merata di muka bumi. Ada daerah yang kaya akan minyak, ada pula yang tidak. Ada daerah yang subur, dan ada pula yang gersang. Perbedaan ini menyebabkan kelangkaan sumber daya alam dan untuk mendapatkan sumber daya yang tidak terdapat di daerahnya diperlukan pengorbanan yang lebih besar.

Misalnya, di daerah pegunungan berkapur seperti kabupaten gunung kidul, sumber daya air sulit untuk di temukan. Pada musim kemarau, masyarakat di sana harus membeli air. Berbeda dengan masyarakat di dataran rendah yang bisa mengambil air sumur.

b. Cepatnya Pertumbuhan Penduduk

Pertumbuhan penduduk yang lebih cepat dibandingkan pertumbuhan produksi barang dan jasa akan menyebabkan kesenjangan antara kebutuhan dibandingkan persediaan barang dan jasa.

Gejala ini sudah menjadi perhatian seorang ekonomi, Thomas Robert Malthus. Malthus mengamati bahwa manusia berkembang jauh lebih cepat dibandingkan produksi hasil-hasil pertanian.

c. Kemampuan Produksi

Kemampuan faktor produksi dalam proses pembuatan barang dan jasa mempunyai keterbatasan-keterbatasan. Misalnya, tenaga kerja manusia juga membutuhkan masa istirahat, sakit, ataupun cuti. Selain itu, mesin-mesin produksi bekerja dengan kapasitas tertentu.

d. Perkembangan Teknologi yang Tidak Sama

Perkembangan teknologi di berbagai negara tidak sama. Di negara maju, perkembangan teknologi berlangsung cukup cepat. Sedangkan di negara berkembang, perkembangan kebutuhan akan barang dan jasa lebih cepat dari pada perkembangan teknologinya. Hal ini dikarenakan ada kecenderungan untuk meniru gaya hidup di negara maju.

e. Bencana Alam

Pada dasarnya bencana alam merupakan faktor yang berada di luar dugaan manusia. Namun, sering bencana alam terjadi karena ulah manusia yang kurang menjaga keseimbangan alam. Manusia mengambil kekayaan alam tanpa memperhatikan kelestariannya.

Bencana alam menyebabkan rusaknya sumber daya yang ada, baik korban jiwa maupun rusaknya berbagai sumber daya ekonomi seperti bangunan usaha dan mesin-mesin produksi. Untuk membangun atau mengadakan kembali sumber daya yang rusak akibat bencana alam, dibutuhkan waktu yang cukup lama dan uang yang tidak sedikit.

Dua hal yang harus diperhatikan dalam memenuhi kebutuhan, bahwa manusia memiliki kebutuhan yang tidak terbatas dan bahwa barang pemenuh kebutuhan terbatas jumlahnya. Di situlah terjadi sebuah keadaan yang dinamakan kelangkaan. Dari dua kenyataan tersebut, timbullah inti persoalan ekonomi, yaitu bagaimana dengan suber-sumber yang jumlahnya terbatas itu, kebutuhan manusia yang beraneka ragam dapat terpenuhi.

Demikianlah pembahasan mengenai "Penyebab Terjadinya Kelangkaan Sumber Daya Ekonomi", semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang bermanfaat untuk anda.

Related Posts:

0 Response to "Penyebab Terjadinya Kelangkaan Sumber Daya Ekonomi"

Post a Comment